Apa itu HTML?

Apa itu HTML?

<amp-img alt="Apa itu html?"   src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh7H0KeOxqRDySqR3J2Hi7tu_lPkFwEhYRXY8VtrhtYYl-FsnXuQS8w8lz_1DcEJebbxJys4lp3AaxsTfL7JBnro-5umm2qpQE2i6_CbNGO7zuAvjfQp12bdTy7ijG1FuoVjlJc2su7s2Di/s1600/html.png"   width="500"   height="321"   layout="responsive"> </amp-img>
Design : Envelope Media Tech






Hallo sobat!


Kembali di blog codingin, setelah kemarin kita sudah  berkenalan dengan yang namanya bahasa pemrograman,apa saja jenis, tingkatan dan lainnya,  kini saatnya kita berkenalan dengan beragam bahasa program yang terdapat didalamnya.



Untuk sobat yang belum tahu dengan postingan kami sebelumnya silahkan baca dulu Kenalan dengan bahasa pemrograman

Dan jika sudah, yuk mari kita lanjutkan.


Oke, saat sobat ingin membuat sebuah website ataupun blog , sobat akan menggunakan salah satu bahasa program yang namanya HTML atau HyperText Markup Langunge.


Apa itu HTML?


HyperText Markup Languange (selanjutnya HTML) merupakan sebuah bahasa standar dalam pemrograman untuk membuat sebuah dokumen web (halaman web) terdiri dari kode-kode singkat yang mana kode tersebut akan memerintah web browser untuk menampilkan bagaimana susunan, struktur, hingga bentuk dari sebuah website/blog. Nah, jika sobat akan membangun sebuah website atau bahkan ingin menjadi seorang developer web, maka html-lah yang harus sobat pelajari dan pahami terlebih dahulu, hal ini karena dengan bahasa program html yang akan lebih mensupport sobat untuk mudah menguasai bahasa markah ini, selain nantinya juga bisa menggunakan bahasa python.
  

Apa saja struktur dasar html?


Struktur dasar html terdiri dari elemen, tag, dan atribut. Nah disini kita akan membahas satu persatu dari struktur html tersebut:

 Petama elemen, elemen terdiri dari tiga bagin yaitu tag pembuka, tag isi, dan  tag penutup. Contohnya title digunakan untuk menampilkan judul dari sebuah website seperti : 


<title>Codingin</title>
 

Kedua tag, tag merupakan sebuah teks khusus berupa dua karakter “<” dan “>” dan didalamnya terdapat sebuah perintah elemen. Seperti :

<html> untuk memulai pengkodingan di html dan diakhiri dengan tag </html> di akhir pengkodingan
<head> untuk pengerjaan bagan kepala website dengan isinya berupak informas, file, dokumen dan diakhiri tag </head>

<title> untuk pengerjaan bagian judul website dengan isinya berupa judul dari website tersebut dan di akhiri </title>
<bodi> untuk pengerjaan bagian badan dan diakhiri dengan tag </body>


Seperti pada gambar :



Ketiga atribut, atribut merupakan bagian yang terdapat dalam sebuah elemen dan berfungsi memberikan penjelasan tambahan bagi sebuah elemen, seperti :

1.       Class berfungsi untuk menentukan sebuah classname  pada sebuah elemen
2.       Id berfungsi untuk menentukan sebuah id unik dalam sebuah elemen
3.       Style berfungsi untuk menentukan sebuah inline sebuah CSS style sebuah elemen
4.       Title berfungsi menentukan informasi tambahan untuk sebuah elemen

 



Bagaimana mengatur halaman?


Lalu, setelah sobat sudah tahu dengan pengenalan, struktruknya, elemen hingga tag, sekarang kita masuk pada cara mengatur sebuah halaman dengan html dan pengenalan elemen untuk penulisan yaitu : 

  • Heading, untuk penulisan pada judul ada beberapa elemen mengatur besar kecil  tulisan pada halaman judul yaitu dengan menggunakan <h1> sampai dengan <h6> 
Seperti gambar :


Disini silahkan sobat pilih salah satu diantara <h1> sampai <h6>


   hasilnya :
 
  • Paragraf, membuat paragraph atau lebih tepatkan menuliskan isi dari laman website dalam bentuk paragraph setelah heading. Nah, caranya dengan menambahkan elemen tag <p> 


seperti gambar :


hasilnya : 








Teks editor

Perlu kita ingat sebelum membuat kodingan website seperti gambar diatas, tentu saja kita menggunakan yang namanya sebuah teks editor, nah teks editor tersebut berfungsi sebagai media untuk penulisan kodingannya, dan tanpa teks editor maka kodingan tidak akan bisa berjalan. Contoh dari teks editor tersebut yaitu notepad, notepad++, VSCode, SublimeText dan masih banyak lagi.


Extensi File
 

Extensi file pada html ialah (.html) hal ini merupakan hal wajib setelah sobat akan menyimpan file berformat html


Kesimpulan
 

Jadi, jika sobat ingin membuat sebuah website atau ingin menjadi pengembang sebuah website maka html-lah yang harus sobat pelajari. Tidak susah untuk mempelajarinya karena html sendiri sudah dibuat dengan tag, elemen yang sedemikian rupa.

Baik sobat, itu tadi sedikit pengenalan dari bahasa pemrograman html, semoga kita dapat saling berbagi sedikit ilmu dan bermanfaat. Tetap nantikan postingan selanjutnya tentang perkenalan dengan bahasa program dan tutorial lainnya.
 






 
Previous Post
Next Post

post written by: