Kenalan dengan bahasa pemrograman

Kenalan dengan bahasa pemrograman




Hallo sobat!


Sebelumnya selamat datang di blog codingin, semoga sobat semua kedepannya betah menjadi pembaca setia di blog ini; amiin.
 

Blog codingin merupakan blog yang akan membahas  seputar bahasa pemrograman ataupun tutorial-tutorial yang terkait dengan  bahasa program tersebut, seperti yang terdapat pada laman “Tentang Kami”  blog ini tentunya pembahasannya  juga tidak akan lepas dari yang namanya bahasa pemrograman.


Oke saat ini, barangkali diantara sobat pembaca sudah ada yang tahu dengan apa itu bahasa pemrograman dan juga sudah lebih expert dalam bidangnya. Namun, alangkah baiknya kita saling sharing ilmu dengan sesama karena itu juga merupakan pahala juga; Asiik!


 

Apa itu bahasa pemrograman?


Sebelum lanjut, alangkah baiknya kita samakan persepsi dahulu. Bahasa pemrograman merupakan instruksi-instruksi yang diberikan kepada komputer guna menjalankan suatu fungsi yang diinginkan dan hanya berbentuk instruksi standart. Dalam hal ini seseorang yang mengerti dengan bahasa program dapat dengan bebas menyimpan, mengambil hingga mengubah sebuah perintah yang terdapat didalamnya. Sekarang sudah mengerti bukan dengan apa yang dimaksud dengan bahasa pemrograman?


Oke kita lanjutkan, jadi setelah kita tahu dengan apa itu bahasa pembrograman, tidak lengkap rasanya kalau kita tidak mengenal apa saja fungsi dari bahasa pemrograman tersebut.


Apa fungsi dari bahasa pemrograman?

Fungsi dari sebuah bahasa pemrograman ialah untuk memberikan instruksi apa saja yang akan kmputer lakukan untuk mengolah sebuah data yang diberikan sesuai yang diinginkan tentunya. Setelah kita membuat atau menginputkan codingan sesuai dengan ketentuan dari salah satu bahasa program tersebut tentu nantinya akan menghasilkan sebuah keluaran ( output ) dalam bentuk aplikasi atau bahan program khusus yang diperintahkan. 

Setelah kita tahu dengan apa fungsi dari bahasa pemrograman tersebut, kita juga akan mengenal dengan pengelompokannya
 


Berikut pengelompokan bahasa pemrograman

1.       Object Oriented language 
Yaitu suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada object diantaranya : Delphi, Visual C, Foxpro

2.       Low Level Language
Yaitu suatu metode bahasa program yang bahasanya masih meggunakan bahasa mesin diantaranya : assembly

3.       Middle Level Language
Yaitu suatu bahasa program tingkat menengah yang jika dilihat dari struktur kodenya sudah bisa dimengert oleh kita (manusia) diantaranya : bahasa C

4.       High Level Languange
Yaitu suatu bahasa program tingkat tinggi yang jika dilihat dari penggunaan kodenya sudah dapat menggunakan bahasa sehari-hari (lebih dapat dimengerti) oleh manusia diantaranya : Java, C++, HTML dll.



Nah, setelah kita tahu pengelompokan dari bahasa pemrograman tersebut, tentu saja kita harus mengenal yang namanya generasi bahasa pemrograman tersebut :
 

Generasi bahasa pemrograman


1.       Bahasa program generasi pertama


Pada bahasa program generasi pertama ini kita mengenal dengan namanya bahasa mesin,

2.       Bahasa program generasi kedua

Dengan adanya generasi pertama, tentu saja bahasa program memiliki penerus yang kita kenal dengan assembly atau assembler.

3.       Bahasa program generasi ketiga

Yaitu generasi penerus dari sebelumnya, pada generasi ini kita mengenal dengan bahasa program tingkat level tinggi.

4.       Bahasa program generasi keempat

Merupakan generasi penerus selanjutnya yang lebih tinggi lagi tingakatnnya, dan contohnya seperti SQL.

5.       Bahasa program generasi kelima

Pada bahasa program generasi kelima, kita mengenal dengan yang namanya web development atau Programing Language Based Object Oriented.
  

Baru, setelah kita tadi membahas sedikit mulai dari pengertian bahasa pemrograman hingga generasi-generasi bahasa program, kini kita masuk kepada bahasa programnya.


Berikut contoh Bahasa Pemrograman
 

1.       HTML
Yaitu (Hypert Text Markup Language) sebuah bahasa program yang berguna untuk membangun sebuah website dan juga langkah paling awal untuk kita memahami mengenai bahasa program lainnya.


2.       Javascript
Yaitu sebuah bahasa program yang murah untuk dikuasai karena pada umumnya java sendiri merupakan sebuah bahasa yang berguna untuk media interaktif atau menambahkan fitur interaktif dan sangat cocok bagi pemula.

3.       PHP
Yaitu sebuah bahasa pemrograman jika dalam sebuah halaman web akan dibuat secara interaktif dan menggunakan sebuah fitur login ataupun dalam bentuk laman-laman lain. Dalam arti singkat, php dapat mempersingkat perintah dalam sebuah bahasa pemroraman.

4.       C++
Yaitu salah satu bahasa pemrograman tingkat menengah yang juga mempermudah bahasa C dan C#.


Baik sobat, itu dia tadi sedikit kenalan dengan yang namanya bahasa pemrograman. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bahasa pemrograman dan masih banyak tutorial-tutorial menyangkut bahasa pemrograman, tetap setia membaca blog codingin ini ya sobat!


 


 
 


Previous Post
First

post written by:

0 Comments: