Apa itu PHP?

Apa itu PHP?


<amp-img alt="Apa itu PHP"   src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjwAB23W7XyQRyyVTT6pga-S6wttNdwQdAa70OKx0fJIwQ_sGIQwPcR6eoSJAMuDYnKcrJi5RiqG4EFswqYldXAkjUVR_9pOmU-WixNeZWorWM7IaVW_bdJCeX4Bl279uzCdi-h4Yz6ok6a/s1600/php.png"   width="300"   height="125"   layout="responsive"> </amp-img>
Design : Envelope Media Tech






Hallo sobat !


Kalau sebelumnya kita sudah membahas mengenai HTML (HyperTextMarkup Languange) sekarang saatnya kita mengenal kembali bahasa pemrograman selanjutnya, yakni PHP.

Mempelajari tentang berbagai bahasa pemrograman tentu saja kita akan mengenal yang namanya PHP, pada pembahasan ini PHP yang kami maksud bukan Pemberi Harapan Palsu ya sobat! Akan tetapi sebuah bahasa program yang tak lain ialah HyperText Prepocessor.

HyperText Preprocessor (selanjutnya PHP) merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dapat disispkan kedalam script  HTML, biasanya PHP berjalan pada sisi server atau yang lebih dekat dengan pengolahan database juga  bertujuan membuat website sobat lebih dinamis. Dalam penggunaannya sendiri PHP sudah mendukung banyak banyak database diantaranya MySQL, Informix, Oracle, Sybase dan lainnya. Lalu, yang lebih membahagiakannya PHP ini termasuk perangkat lunak Open Source.


Awal mula PHP
 

Awalnya PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page, dan PHP pertama kali diciptakan oleh Rasmus Lerdorf tahun 1995 yang masa itu  PHP bernama Form Interpreted (FI). Saat itu wujud dari PHP hanya berupa script yang berfungsi untuk mengolah data formulir dari sebuah website.

Seiring berkembangnya PHP, Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan ia namakan PHP/FI hingga penulisan kode ini menjadi open source sehingga membuat banyak programmer juga ingin mengembangkan PHP.

Semakin pesatnya perkembangan PHP mulai dari tahun 1997 sebuah perusahaan bernama Zend akhirnya menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih baik dan cepat. Kemudian, pada tahun 1998 perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dengan menakannya PHP 3.0 hingga singkatan PHP diubah menjadi HyperText Preprocessing. PHP semakin berkembang hingga terakhir PHP sampai pada PHP 5.0 pada tahun 2004 dan sudah lebih kea rah berorientasi objek.


Membuat Program “Hello World” 


Program Hello World yang tampil pada laman berupa tulisan di PHP dibuat menggunakan script sebagai beikut :
        

Kelebihan bahasa pemrograman PHP

  • Bahasa pemrograman PHP merupakan sebuah script yang  tidak melakukan sebuah kompilasi
    dalam penggunaannya.

    Web server yang mendukung PHP sangat banyak dan sangat mudah ditemukan seperti apache, IIS, Lighttpd, dan Xitami.
     
  • Pada sisi pengembangannya lebih mudah karena banyak milis milis dan developer yang akan membantu dalam pengerjaan dan pengembangan.

    Pada sisi pemahaman, untuk mempelajari PHP sangat mudah karena banyak tutorial dan referensi yang dapat di temui.
     
  • Selain perangkat lunak open source, PHP juga dapat digunakan di berbagai mesin  seperti : Linux, Windows, Unix, MacintOs.

     


Beragam Tipe Data PHP
  

PHP juga memiliki tipe-tipe data senyak delapan, yaitu :

1.       Integer
2.       Double
3.       Boolean
4.       String
5.       Object
6.       Array
7.       Null
8.       Resource
    

     Paket Apache, PHP, dan MySQL instan


XAMPP merupakan salah satu paket instalasi Apache yang dapat digunakan yang mana untuk membantu proses instalasi produk tersebut. Dengan memberikan berbagai fasilitas diantarnya penggunaan PHP4 dan PHP5, XAMPP juga mudah digunakan.


Prinsip kerja dari PHP
 

PHP berkerja dimulai dari permintaan dari sebuah website oleh browser dengan menggunakan URL hingga menemukan sebuah alamat webserver, lalu mengidentifikasi halaman yang diinginkan guna menyampaikan sebuah informasi.

Selanjutnya, webserver tersebut akan mencarikan data atau berkas yang dicari hingga diterjemahkan kedalam bentuk HTML. 

Selain penggunaan PHP bisa dibilang sangat mudah, kini juga sudah banyak ditemui CMS yang menggunkannya seperti : Joml, wordpress, dan framework seperti : Codeigniter, YII yang mana juga menggunakan OOP.



Jadi, bagaimana sobat? Tertarik mempelajari bahasa pemrograman yang satu ini? Pastinya. Oke sobat, selain bahasa program PHP tentu saja masih banyak bahasa pemrograman lainnya serta berbagai tutorial pemrograman yang akan kami bahas di blog Codingin. Tetap nantikan postingan kami selanjutnya ya sobat! Sampai jumpa.







Previous Post
Next Post

post written by: